Implementasi Perbandingan dan Optimalisasi Teknik 3D Rendering pada Objek Animasi Profil Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih Takengon

Main Article Content

Hendri Syahputra
Mahmuda Saputra
Buge Cipta Wijaya

Abstract

Daya tarik animasi 3D menjadi sebagai sarana media informasi seperti pembuatan film, poster dan video iklan menjadi populer saat ini. Salah satu Program aplikasi opensource untuk mendukung pembuatan animasi seperti perangkat lunak Blender dalam teknik 3D rendering pada profil fakultas teknik  Universitas Gajah Putih Takengon, khususnya perbedaan kualitas dan waktu rendering antara cycles dan eevee, tahap untuk menghasilkan sebuah karya animasi dibutuhkannya pengumpulan data praproduksi, produksi, hingga pascaproduksi menggunakan teknik cycles dan eevee. Kualitas dan waktu rendering animasi yang dihasilkan tentunya berbeda antara yang dibuat menggunakan komputer rumahan dan yang dibuat dengan komputer studio professional, hal ini dikarenakan komputer rumahan tidak akan sanggup merendring animasi jika mengikuti cara yang digunakan seperti komputer studio professional, oleh karena itu blender menyediakan dua pilihan rendering engine pada aplikasinya yaitu “EEVEE” dan “CYCLES” agar pengguna dapat memilih sendiri teknik rendering seperti apa yang bisa diterapkan.  Dengan teknik tersebut untuk mengetahui hasil kuantitas dan kualitas  rendering seperti apa yang lebih  efesien dalam penggunaan teknik tersebut.

Article Details

How to Cite
Syahputra, H., Saputra, M., & Wijaya, B. C. (2022). Implementasi Perbandingan dan Optimalisasi Teknik 3D Rendering pada Objek Animasi Profil Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih Takengon. Jurnal Informasi Dan Teknologi, 4(4), 276-283. https://doi.org/10.37034/jidt.v4i4.262
Section
Articles

References

[1] Hardisaraswati, R. (2021). TA: Analisis Penggunaan Teknologi Computer Generated Imagery (CGI) pada Film Wiro Sableng (Doctoral dissertation, Universitas Dinamika).
[2] Aryanto, A., Umar, T. H. M., & Winarso, D. (2020). Analisis Perbandingan Teknik 3D Rendering Cycles Dan Eevee Pada Software Blender. Jurnal Fasilkom, 10(1), 11-19. DOI: https://doi.org/10.37859/jf.v10i1.1902.
[3] Rizqi, G., & Suhendra, A. (2019). Pembuatan Lingkungan Virtual 3D Yang Berintegrasi dengan Data Gerakan Dari Motive Pada Simulasi Ruangan. Jurnal Ilmiah Informatika Komputer, 23(1), 11-20. DOI: http://dx.doi.org/10.35760/ik.2018.v23i1.2063.
[4] Blender.org (25 juni 2011) “the freedom to create”. Diakses 18 mei 2022, dari https://www.blender.org/about/.
[5] Handayani, U. (2017). Pembuatan Film Pendek Animasi 3D Tentang Edukasi Bahaya Narkoba (Doctoral dissertation, Politeknik Negeri Batam).
[6] Wijaya, A. B., & Albana, I. Implementasi Render Engine EEVEE Pada Teknik Perancangan Video Animasi Station ID TV. DOI: https://journal.educollabs.org/
[7] Hartawan, I. N. B., & Dirgayusari, A. M. (2018). Analisis Rendering Video Animasi 3D Menggunakan Aplikasi Blender Berbasis Network Render. Jurnal RESISTOR (Rekayasa Sistem Komputer), 1(1), 25-33. DOI: https://doi.org/10.31598/jurnalresistor.v1i1.223.
[8] Hermawan, H., Albana, I., Prasetyo, A. B., & Deden, D. (2021). Penerapan Pencahayaan Pada Animasi Tiga Dimensi Teater Merah Putih Untuk Mengatur Dinamika Dan Kualitas Gambar Animasi. Jurnal Riset Teknologi dan Inovasi Pendidikan (Jartika), 4(1), 49-58.
[9] Zanitra, R. L., & Sari, J. N. (2022). Pembuatan Video Animasi 3D Company Profile Kampus Politeknik Caltex Riau Menggunakan Teknik Low Poly. Jurnal Infomedia: Teknik Informatika, Multimedia & Jaringan, 7(2),95-100. DOI: http://dx.doi.org/10.30811/jim.v7i2.3204.
[10] Bustari, M., Rahman, S., & Usman, A. (2021). Perancangan Interior Kantin Modern Universitas Harapan Medan Fakultas Teknik Dan Komputer Berbasis 3d. METHOMIKA: Jurnal Manajemen Informatika & Komputerisasi Akuntansi, 5(2), 169-175. DOI: https://doi.org/10.46880/jmika.Vol5No2.pp169-175.
[11] Limbong, T., & Simarmata, J. (2020). Media dan Multimedia Pembelajaran: Teori & Praktik. Yayasan Kita Menulis.
[12] Ardi, A., Nurrahman, A. R., Aurum, E. V., & Styawan, B. (2022). 3D Animasi Menggunakan Blender 3D Sebagai Media Promosi Pada Usaha Kafe. Jutisi: Jurnal Ilmiah Teknik Informatika dan Sistem Informasi, 11(3), 741-752. DOI : https://doi.org/10.35889/jutisi.v11i3.983.
[13] Putra, F. D. B. S., Umar, R., & Sunardi, S. (2020). Visualisasi Museum Muhammadiyah Menggunakan Teknologi Augmented Reality. JUST IT: Jurnal Sistem Informasi, Teknologi Informasi dan Komputer, 11(1), 81-89. DOI: https://doi.org/10.24853/justit.11.1.81-89
[14] Novaliendry, D., KOM, S., & KOM, M. (2020). PENGENALAN VISUALISASI 3D BLENDER 2.80. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.
[15] Syahputra, H., & Sahrin, A. (2020). Desain Animasi 3d Profil Fakultas Teknik Universitas Gajah Putih Takengon. Pixel: Jurnal Ilmiah Komputer Grafis, 13(2), 150-159. DOI: https://doi.org/10.51903/pixel.v13i2.926.
[16] Hidayat, R., Gunawan, H., & Susandi, D. (2019). Pembuatan Video Profil Perusahaan Berbasis Animasi 3D di PT. Krakatau Insan Mandiri. Jurnal Sistem Informasi dan Informatika (Simika), 2(1), 64-80. DOI: https://doi.org/10.47080/simika.v2i1.353.
[17] Caesaria, C. A., Jannah, M., & Nasir, M. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Animasi 3D Berbasis Software Blender Pada Materi Medan Magnet. Southeast Asian Journal of Islamic Education, 3(1), 41-57. DOI: https://doi.org/10.21093/sajie.v3i1.2918.
[18] Rao, G. R. K., Sgar, P. V., Bikku, T., Prasad, C., & Cherukuri, N. (2021, October). Comparing 3D rendering engines in blender. In 2021 2nd International Conference on Smart Electronics and Communication (ICOSEC) (pp. 489-495). IEEE. DOI: 10.1109/ICOSEC51865.2021.9591800
[19] Novaliendry, D., KOM, S., & KOM, M. (2020). PENGENALAN VISUALISASI 3D BLENDER 2.80. Penerbit CV. SARNU UNTUNG.
[20] Astuti, I. A., Purwanto, I. H., Hidayat, T., Satria, D. A., & Purnama, R. (2022, September). Comparison of Time, Size and Quality of 3D Object Rendering Using Render Engine Eevee and Cycles in Blender. In 2022 5th International Conference of Computer and Informatics Engineering (IC2IE) (pp. 54-59). IEEE. DOI: 10.1109/IC2IE56416.2022.9970186