Rancang Bangun Aplikasi Sampah Market Menggunakan Model Fountain
Main Article Content
Abstract
Sampah adalah sesuatu yang terbuang atau dibuang yang bersumber dari aktivitas manusia ataupun dari alam yang belum memiliki nilai ekonomis seperti sampah rumah tangga, perkantoran, pertanian, rumah sakit, perusahaan, pasar dan sebagainya. Dengan banyaknya sampah, maka diperlukan adanya pengolahan sampah yang tepat seperti penerapan prinsip 3R yaitu Reduce (mengurangi timbulan sampah), Reuse (Menggunakan kembali) dan juga Recycle (Mendaur ulang sampah) tetapi dalam penerapan prinsip 3R ini juga mengalami berbagai kendala khususnya pada prinsip Recycle seperti susahnya mendaur ulang sampah, kurangnya fasilitas untuk melakukan pendaur ulangan sampah dan kurangnya pengetahuan dalam pendaur ulangan sampah yang baik. Salah satu cara mendaur ulang sampah yang mudah adalah dengan menyerahkan sampah tersebut kepada lembaga yang dapat membantu dalam pengolahan sampah sehingga peneliti melakukan penelitian rancang bangun sebuah aplikasi yang dapat memudahkan masyarakat dalam melakukan pendaur ulangan sampah menggunakan model fountain dan berstudi kasus pada Sampah Market. Dengan menggunakan model fountain, memungkinkan pengerjaan setiap tahapan perancangan dapat dilakukan secara bersamaan dan tidak berfokus pada satu langkah perancangan saja. Sistem yang dibangun dapat mempermudah masyarakat untuk mendaur ulang sampah sekaligus mempermudah proses bisnis sampah market khususnya pada bagian tabungan, dan juga pemesanan penjemputan sampah. Pengujian sistem menggunakan metode black-box testing sebagai butir uji untuk fungsionalitas. Pengukuran parameter tampilan dari aplikasi menggunakan skala likert dengan melibatkan 30 responden. Hasil dari pengujian yang didapat yaitu sebesar 86,73%
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 4.0 International License.
References
[2] R. S. Utomo, “Reduksi Akumulasi Ssampah di Kota Dengan Pirolisis,” 2021. https://litbang.kalbarprov.go.id/artikel/artikel/reduksi-akumulasi-sampah-di-kota-dengan-pirolisis.
[3] E. S. dan N. M. W. Siregar, “ampak Aktivitas Ekonomi Terhadap Pencemaran Lingkungan Hidup (Studi Kasus : di Kota Pejuang, Kotanopan),” Educ. Dev., vol. 8, no. 9, pp. 1689–1699, 2020.
[4] L. Afuan, N. Nofiyati, and N. Umayah, “Rancang Bangun Sistem Informasi Bank Sampah di Desa Paguyangan,” Edumatic J. Pendidik. Inform., vol. 5, no. 1, pp. 21–30, 2021, doi: 10.29408/edumatic.v5i1.3171.
[5] R. Wahyu, “Dampak Pencemaran Air Laut Akibat Sampah Plastik Di Indonesia,” J. Univ. Muhammadiyah, no. May, pp. 1–13, 2018.
[6] J. Yu, “Research Process on Software Development Model,” IOP Conf. Ser. Mater. Sci. Eng., vol. 394, no. 3, 2018, doi: 10.1088/1757-899X/394/3/032045.
[7] F. Kurnia and N. Putri, “Sistem Informasi Cuti Tahunan Pegawai Dinas Sosial Provinsi Riau,” J. Ilm. Rekayasa dan Manaj. Sist. Inf., vol. 6, no. 2, pp. 186–191, 2020.
[8] A. Novianti, P. Raya Jl Yos Sudarso, K. Jekan Raya, and K. Palangka Raya, “Literature Review : Analisis Metodologi Dan Bidang Penerarapan Dalam Perancangan Aplikasi Mobile,” no. April, pp. 1–6, 2022.
[9] T. Suryana, “Belajar Bahasa Pemrograman Dart (1),” Tek. Inform. Unikom, no. 1, pp. 2–5, 2021.
[10] S. Ernawati, R. Wati, and I. Maulana, “Penerapan Model Fountain Untuk Pengembangan Aplikasi Text Recognitiondan Text To Speechberbasis Android Menggunakan Flutter,” Pros. Snast, pp. 178–186, 2021.
[11] J. Supriyanto, A. Fadlil, and S. Sunardi, “Pengujian Kualitatif Aplikasi Informasi Gempa Bumi dalam Bentuk Suara untuk Tunanetra,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 21, no. 3, pp. 619–628, 2022, doi: 10.30812/matrik.v21i3.1482.
[12] S. Suleman and R. Pakaya, “Perancangan Aplikasi Registrasi Anggota Koperasi Dengan Menggunakan Metode Uml (Unified Modeling Language),” Semin. Nas. Teknol. Sains dan Hum., vol. 2020, no. SemanTECH, pp. 32–40, 2020.
[13] D. R. Prasetyo, M. Nasir, F. I. Komputer, and U. B. Darma, “PEMBUATAN APLIKASI RECOMMENDED LEARNING PATH BERBASIS WEBSITE,” vol. 4, no. 1, pp. 311–321, 2022.
[14] A. Herdiansah, R. I. Borman, and S. Maylinda, “Sistem Informasi Monitoring dan Reporting Quality Control Proses Laminating Berbasis Web Framework Laravel,” J. Tekno Kompak, vol. 15, no. 2, p. 13, 2021, doi: 10.33365/jtk.v15i2.1091.
[15] Flutter, “Hot Reload - Flutter.” 2020, [Online]. Available: https://esflutter.dev/docs/development/tools/hot-reload.
[16] Y. Yanuardi and A. A. Permana, “Rancang Bangun Sistem Informasi Keuangan Pada Pt. Secret Discoveries Travel and Leisure Berbasis Web,” JIKA (Jurnal Inform., vol. 2, no. 2, pp. 1–7, 2019, doi: 10.31000/.v2i2.1513.
[17] F. N. Salamah, U., & Khasanah, “Pengujian Sistem Informasi Penjualan Undangan Pernikahan Online Berbasis Web Menggunakan Black Box Testing,” Inf. Manag. Educ. Prof., vol. 2, no. 1, pp. 35–46, 2017.
[18] A. Anwardi, A. Ramadona, M. Hartati, T. Nurainun, and E. G. Permata, “Analisis PIECES dan Pengaruh Perancangan Website Fikri Karya Gemilang Terhadap Promosi Menggunakan Metode Waterfall,” J. Rekayasa Sist. Ind., vol. 7, no. 1, p. 57, 2020, [Online].Available: https://jrsi.sie.telkomuniversity.ac.id/JRSI/article/view/380.
[19] R. Choirudin and A. Adil, “Implementasi Rest Api Web Service dalam Membangun Aplikasi Multiplatform untuk Usaha Jasa,” MATRIK J. Manajemen, Tek. Inform. dan Rekayasa Komput., vol. 18, no. 2, pp. 284–293, 2019, doi: 10.30812/matrik.v18i2.407.
[20] T. W. Wijaya, “Website Portal Informasi Dan Integrasi Sosial Media Menggunakan Application Programming Interface (Api) Sebagai Upaya Peningkatan Partisipasi Masyarakat Terhadap Sumber Informasi,” Pros. Semin. Nas. Progr. Pengabdi. Masy., pp. 1600–1604, 2021, doi: 10.18196/ppm.24.443.